Anda Dibayar Dengan Mengklik Iklan, Mau? Klik Banner Dibawah ini!

Cara Cepat Tingkatkan Pengunjung Blog

Sunday, January 15, 2012

Tehnik Penilaian


Salam pendidikan,
Pada postingan kali ini saya menguraikan sedikit tentang tehnik penilaian. Seperti biasa, bukan maksud saya untuk menggurui, tetapi hanya sekedar berbagi pengetahuan yang saya miliki. Tulisan ini berkaitan dengan tulisan saya sebelumnya tentang penilaian pendidikan. Anda bisa mencarinya di daftar isi blog ini atau browsing melalui side bar blog ini.
Tehnik penilaian yang kita kenal selama ini adalah tehnik penilaian tes dan non-tes. Tehnik penilaian tes terdiri dari tulis, lisan dan perbuatan. Sedangkan tehnik penilaian non-tes terdiri dari pengamatan, tugas/proyek dan produk. Mari kita urai satu-persatu tehnik-tehnik penilaian di atas agar lebih jelas dan mudah untuk memahaminya.
1.     Tehnik Penilaian Tes
Tehnik penilaian tertulis terdiri dari Penilaian tertulis, lisan dan perbuatan. Ketiga tehnik penilaian ini memiliki karakteristik yang cukup berbeda.
a.     Penilaian tertulis
Tes tertulis merupakan tes dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Ketika menjawab soal, peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban saja, tetapi peserta didik dapat juga nerespon dalam bentuk lain seperti memberi tanda, mewarnai, menggambar, dan sebagainya. Tentu saja harus sesuai perintah soal yang diberikan. Bentuk tes tulis bisa pilihan ganda, benar dan salah, menjodohkan, isian dan uraian.
b.     Tes Lisan
Tes lisan adalah tehnik penilaian hasil belajar yang pertanyaan dan jawabannya disampaiakan dalam bentuk lisan dan terkadang secara spontan. Tes jenis ini memrlukan daftar pertanyaan dan pedoman penskoran.
c.     Tes Praktik/Perbuatan
Tes perbuatan merupakan tes hasil belajar yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki melalui unjuk kerja. Peserta didik diminta untuk menampilkan hasil belajarnya atau kemahirannya dalam hal tertentu melalui unjuk kerja. Perolehan skor didapat dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Tehnik penilaian ini cocok untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu semisal praktek di laboratorium, praktek sholat, bermain alat musik, olahraga, deklamasi, puisi, dan sebagainya. Keunggulan dari tehnik ini adalah lebih otentik daripada tes tertulis. Hal ini cukup beralasan karena apa yang dinilai lebih mencerminkan kemampuan peserta didik yang sesungguhnya.
2.     Tehnik Penilaian Non Tes
Tehnik penilaian jenis ini meliputi tehnik penugasan, pengamatan, dan hasil kerja/produk. Tehnik-tehnik tersebut memiliki cirikhas dan tujuaj yang berbeda-beda.
a.     Penugasan
Penilaian penugasan merupakan suatu teknik penilaian yang menuntut peserta didik melakukan kegiatan tertentu diluar kegiatan pembelajaran di kelas. Tehnik penilaian ini dapat diberikan secara individual maupun berkelompok, bisa berupa tugas atau proyek.
b.     Produk atau Hasil Kerja
Tehnik ini digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam membuat suatu hasil karya. Tehnik ini juga digunakan untuk menilai hasil kerja siswa. Contohnya melukis, kerajinan tangan, dan hasil karya seni.
c.      Pengamatan atau Observasi
Tehnik pengamatan adalah tehnik penilaian yang dilakukan oleh pendidik dengan menggunakan indera penglihat secara langsung. Tehnik ini digunakan dengan menggunakan instrumen yang sudah dirancang sebelumnya. Misalnya kita ingin menilai pelajaran matematika dengan menggunakan tehnik observasi, maka aspek yang diamati antara lain ketelitian, kecepatan kerja, kerja sama dan kejujuran. Penilaian pengamatan juga melibatkan penilaiam sikap yaitu penilaian yang berupa sejumlah pernyataan sikap tentang sesuatu yang jawabannya dinyatakan secara berskala.
Demikianlah sedikit uraian tentang tehnik-tehnik penilaian. Semoga kita bisa bijak dalam menentukan tehnik penilaian sesuai dengan kompetensi yang akan kita ukur sehingga tepat sasaran.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan menghibur. Silahkan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. Saya akan segera membalas komentar anda.