Friday, January 27, 2012

Ukraina Protes Kedatangan Kapal Perang Amerika Serikat

Sekitar 100 aktivis anti-Barat membakar replika bendera Amerika Serikat di kota pelabuhan Sevastopol, ... thumbnail 1 summary
Sekitar 100 aktivis anti-Barat membakar replika bendera Amerika Serikat di kota pelabuhan Sevastopol, Ukraina selatan, Kamis (26/1/2012). Aksi itu dilakukan untuk memprotes kedatangan kapal penjelajah USS Vella Gulf milik Angkatan Laut AS, di kota di tepi Laut Hitam itu.
Selama di Ukraina, Vella Gulf akan melakukan berbagai latihan, termasuk latihan antipembajakan di laut, dengan AL Ukraina.
Para aktivis, yang sebagian besar terdiri atas orang-orang yang sudah berusia lanjut itu, meneriakkan seruan "Yankee Go Home" dan berbagai cacian lain saat kapal penjelajah berpeluru kendali itu datang. Mereka menentang kerja sama negara eks-Uni Soviet dengan AS dan NATO.
Di bawah pemerintahan Presiden Viktor Yanukovich, Ukraina melepas harapan untuk diterima sebagai anggota NATO, tetapi melanjutkan kerja sama militer dengan AS dan anggota NATO lainnya.
Sebagian besar warga Ukraina, terutama di kawasan timur dan selatan yang masih pro-Rusia, tidak menyukai kedekatan negaranya dengan Barat.
USS Vella Gulf (CG-72) adalah kapal penjelajah kelas Ticonderoga. Kapal sepanjang 173 meter ini dilengkapi dengan sistem pertahanan antirudal Aegis, dan membawa 122 rudal berbagai jenis. Kapal ini juga mengangkut dua helikopter Seahawk.

No comments

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan menghibur. Silahkan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. Saya akan segera membalas komentar anda.