Anda Dibayar Dengan Mengklik Iklan, Mau? Klik Banner Dibawah ini!

Cara Cepat Tingkatkan Pengunjung Blog

Friday, January 27, 2012

F14 Milik Angkatan Udara Iran Jatuh


Pesawat tempur F-14 Tomcat milik Angkatan Udara Iran jatuh di wilayah Provinsi Bushehr di kawasan pesisir Teluk Persia, Iran, Kamis (26/1/2012) pagi. Dua pilotnya tewas saat pesawat buatan AS itu jatuh beberapa menit setelah tinggal landas.
"Pilot dan kopilot pesawat F-14 yang jatuh pagi ini telah (meninggal) sebagai martir," tutur pejabat Provinsi Bushehr, Jafar Pourkabgani, kepada kantor berita Fars. Menurut Jafar, pesawat jatuh karena "kegagalan teknis" dan penyelidikan masih terus dilakukan untuk menemukan penyebab pasti jatuhnya pesawat.
Iran masih mengoperasikan armada pesawat Tomcat yang dibeli dari AS pada era pemerintahan Shah Mohammad Reza Pahlevi yang pro-Barat sebelum Revolusi Iran terjadi pada 1979. F-14 Tomcat adalah pesawat bermesin ganda dan berkursi tandem, yang sempat menjadi tulang punggung kekuatan udara Angkatan Laut AS yang beroperasi dari kapal induk.
Dalam dunia pop, pesawat ini dipopulerkan lewat film Top Gun (1986) yang dibintangi Tom Cruise, Val Kilmer, dan Kelly McGillis.
Sanksi ekonomi terhadap Iran terkait program nuklirnya telah berdampak serius terhadap kemampuan negara itu merawat armada pesawat tempurnya. Menurut kantor berita AFP, dalam satu dekade terakhir, serangkaian kecelakaan udara serius di Iran telah menyebabkan lebih dari 900 orang tewas.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan menghibur. Silahkan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. Saya akan segera membalas komentar anda.