Anda Dibayar Dengan Mengklik Iklan, Mau? Klik Banner Dibawah ini!

Cara Cepat Tingkatkan Pengunjung Blog

Thursday, January 12, 2012

Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar


Di dalam kehidupan ini, sebagai seorang manusia tentu saja tidak bisa terlepas dari apa yang disebut bahasa. Semua aspek dalam kehidupan manusia tidak lepas dari peranan bahasa. Coba kita bayangkan bila kehidupan manusia tanpa memiliki kemampuan berbicara. Bahasa digunakan untuk bekerja sama, berinteraksi dengan sesama, menyampaiakn buah pikiran , mengungkapkan kata dan mengidentifikasi diri. Disamping itu, bahasa juga berperan dalam mengenal diri sendiri, budaya sendiri maupun budaya orang lain. Selain itu, bahasa memungkinkan kita untuk mengemukaan gagasan maupun perasaan, berpartisipasi dalam ajang kehidupan, menumbuhkan semangant dalam mengungkap bakat dan upaya meningkatkan daya cipta kreasi manusia.
Dalam perkembangannya, bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan oleh lebih dari separuh penduduk di dunia. Sebagian menjadikannya sebagai bahasa sehari-hari. Dan tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai bahasa nasional atau bahasa pertama.hal tersebut menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa globalyang dapat menjembatani dan menghubungkan segala kepentingan dalam berbagai bidang dan sendi kehidupan manusia di seluruh negara. Penguasaan bahasa Ingggris merupakan suatu hal yang nutlak bagi setiap individu yang inin berkembang, maju dan sukses.
Lalu mengapa mempelajari bahasa Inggris itu menjadi sangat penting? Pertanyaan ini selalu muncul di kalangan pelajar di tingkat sekolah dasar maupun di tingkat lanjut. Tentu saja! Dengan belajar bahasa Inggris, kita dapat mempelajari banyak hal dari berbagai negara karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh sebagian besar penduduk di seluruh dunia. Di samping itu, dengan mempelajari bahasa Inggris, kita juga dapat menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan karena banyak buku yang mengupas tentang ilmu pengetahuan ditulis dalam bahasa Inggris.
Dalam praktek di lapangan, pembelajaran bahasa Inggris semata-mata bukan sebaiknya menyenangkan, tetapi haruslah menyenangkan. Dengan kata lain, pembelajaran bahasa Inggris “harus” menyenangkan. Alasannya adalah karena esensi dari pembelajaran bahasa adalah komunikasi. Komunikasi bisa terjadi jika proses decoding dan encoding berjalan dengan baik dan selaras. Kedua proses ini bisa berjalan dengan baik dan selaras jika decoder dan encoder memiliki pengetahuan dunia dan bahasa yang relatif sama.
Namun terkadang apa yang kita ajarkan kepada peserta didik dengan sangat cepat memiliki dampak yang berbeda. Mereka bahkan akan lebih cepat melupakan apa yang diajarkan kepada mereka. Pembelajaran pasif tidak akan mampu menuju makna belajar yang sesungguhnya. Alangkah bijak jika kita menarapkan apa yang pernah dinyatakan oleh Confusius tentang konsep belajar yang sesungguhnya.
“Apa yang saya dengar, saya melupakannya”
“Apa yang saya lihat, saya mengingatnya”
“Apa yang saya lakukan, saya memahaminya”
Ketiga konsep belajar tersebut akan mendorong terwujudnya konsep belajar yang aktif. Suatu konsep belajar yang mengaktifkan beragam indra, mendorong rasa kebersamaan, membangun rasa percaya diri, antusiasme belajar dan menguatkan kemampuan dasar kecerdasan yang terdiri dari kognitif, motorik, atensi dan emosional.
Pembelajaran yang aktif akan membuat siswa mengalami suatu hal yang kita namakan dengan “flow” alias “mengalir” selama pembelajaran berlangsung. Mereka merasa terlibat langsung dan mampu membenamkan diri dalam kegiatan pembelajaran serta memberi perhatian penuh pada setiap peritiwa yang terjadi selama kegiatan berlangsung. Dan yang terpenting adalah ketika mereka menikmati apa yang sedang mereka alami dalam proses pembelajaran.
Oleh karean itu, pembelajaran unsur-unsur bahasa ditujukan untuk mendukung penguasaan dan pengembangan keterampilan serta kemampuan berbahasa dan bukan untuk kepentingan penguasaan unsur-unsur bahasa itu sendiri.

1 comment:

  1. Tapi sayang terkadang kita enggan untuk mengajar secara maksimal di dalam kelas.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan menghibur. Silahkan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. Saya akan segera membalas komentar anda.