Anda Dibayar Dengan Mengklik Iklan, Mau? Klik Banner Dibawah ini!

Cara Cepat Tingkatkan Pengunjung Blog

Wednesday, July 25, 2012

Inilah 10 Tips Agar Selamat Dari Kecelakaan Pesawat Terbang

Tentu semua orang tidak ingin mengalami kecelakaan pesawat terbang seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu baik yang terjadi di Indonesia maupun yang terjadi di Mancanaegara. Memang kecelakaan pesawat terbang tidak bisa diduga dan diprediksi sebelumnya. 

Banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya kecelakaan pesawat terbang. Faktor teknis dan non-teknis menjadi alasan utama dalam setiap kecelakaan pesawat terbang. Dari mulai kondisi pesawat terbang, cuaca yang ekstrem, penumpang hingga pilot itu sendiri. 

Nah, bagi anda yang akan bepergian menggunakan pesawat terbang atau anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang melalui maskapai-maskapai penerbangan yang ada, sebaiknya perlu tahu dan memahami hal-hal yang bisa membantu anda bila terjadi sesuatu yang buruk terhadap penerbangan anda. Tips-tips berikut mungkin saja bisa membuat anda selamat dari sebuah kecelakaan peswat terbang. Dan inilah 10 tips agar selamat dari kecelakaan pesawat terbang

1. Duduk dekat pintu keluar
Para ahli penerbangan telah meneliti dan menganalisa dari sekian banyaknya kecelakaan pesawat yang terjadi, mereka sepakat pada kesimpulan bahwa 5 deretan tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar, memiliki kesempatan untuk selamat dan bertahan hidup lebih tinggi dibanding yang lain jika terjadi kecelakaan pesawat terbang. 

2. Pesanlah posisi tempat duduk paling belakang
Meskipun pihak maskapai penerbangan selalu menyatakan bahwa semua posisi tempat duduk dalam pesawat terbang adalah aman bagi penumpang. Namun anda perlu memperhatikan bahwa penelitian menunjukkan bahwa peluang untuk selamat lebih dari 40% lebih tinggi jika anda duduk di belakang pesawat. 

3. Ketahui jarak tempat duduk dengan pintu keluar.
Jika memang terpaksa tidak mendapat tempat duduk dekat pintu keluar, anda perlu menyadari dan mengetahui berapa jarak anda dengan pintu keluar. Hal ini penting karena menentukan langkah-langkah yang harus anda lakukan saat terjadi kecelakaan pesawat. 

4. Tetap fokus dan berdoa
Kecelakaan peswat terbang sebagian besar terjadi pada saat lepas landas dan mendarat. Menurut para hali keselamatan penerbangan, menyarankan agar tetap waspada dan berdoa selamat proses tersebut. Tetap pada posisi dan abaikan saja bila ada yang mengajak bicara anda. 

5. Pakailah pakaian yang nyaman dan mendukung keselamatan
Pakaian yang nyaman dan mendukung keselamatan sangat bermanfaat bagi anda jika terjadi kecelakaan pesawat terbang. Peluang selamat lebih besar bagi mereka yang mengenakan pakaian yang menutupi seluruh badan dan bersepatu dari pada yang hanya  mengenakan kaos, celana pendek dan tidak bersepatu. 

6. Dengarkan informasi pramugari
Meskipun anda sudah biasa bepergian naik pesawat terbang, ada baiknya anda selalu mendnegarkan dan memperhatikan informasi keselamatan dari pramugari. Misalnya saja tentang penggunaan masker oksigen pada ketinggian 35.000 kaki.

7. Ketahui cara membuka sabuk pengaman
Sebuah penelitian menyatakan bahwa sebagian besar penumpang pesawat terbang tidak bisa memasang dan membuka sabuk pengaman yang dikenakan. Dalam keadaan darurat anda hanya memiliki waktu sepersekian detik untuk segera membuka sabuk pengaman jika terjadi kecelakan pada pesawat yang and tumpangi.

8. Dduduklah dengan posisi yang baik. 
Usahakan anda duduk dengan sikap yang baik dan selalu bersiaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak didinginkan. Sikap posisi duduk yang tepat akan sangat membantu anda dalam keadaan darurat.

9. Segera turun dari pesawat
Jika terjadi kecelakaan pesawat dan anda masih tersadar, segera ambil keputusan untuk bergerak turun dengan cepat, lindungi kepala anda, tutup hidung dan mulut anda menggunakan kain untuk menghindari asap yang mungkin timbul. 

10. Jangan panik dan berpikirlah dengan Jernih
Dalam kondisi sedarurat apapun, jangan panik dan usahakan selalu berpikir jernih. Tetaplah bersikap tenang sehingga anda bisa membuat keputusan untuk menyelamatkan diri anda saat terjadi kecelakaan pesawat.

Itulah 10 tips agar selamat dari kecelakaan pesawat terbang. Meskipun semua adalah kehendak yang kuasa, tapi ada baiknya kita tetap berusaha. Semoga tips ini bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan menghibur. Silahkan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. Saya akan segera membalas komentar anda.