Anda Dibayar Dengan Mengklik Iklan, Mau? Klik Banner Dibawah ini!

Cara Cepat Tingkatkan Pengunjung Blog

Saturday, November 26, 2011

Hakikat dan Pentingnya Kreatif


Banyak Jalan menuju Roma” Demikianlah kata pepatah yang menggambarkan kreativitas yang dimiliki oleh manusia.
Setiap sekolah menunjukkan profil  yang berbeda-beda. Kekuatan daya juangnya  dipengaruhi oleh tingkat keyakinan, harapan, dan sejumlah prilaku  positif yang berkembang dan berpengaruh pada tiap gerak dinamis sekolah dalam  mencapai tujaun, pada kegiatan sehari-hari. Bagaimana sekolah berpikir menghadapi masa depan, tercermin pada senyum siswa dalam menikmati prestasi sebagai buah perjuangan yang melelahkan.
Kultur sekolah  mencakup unsur-unsur yang sangat jelas seperti jadwal pelajaran dan jadwal kegiatan ekstra, kurikulum, domografi, kebijakan, serta interaksi sosial dalam lingkungan yang  mencerminkan iklim yang ramah, keelitan, kompetisi, dan kolaborasi  antar warga sekolah.
Tinggi rendahnya keyakinan, harapan, dan cita-cita warga sekolah tidak hanya bergantung pada optimisme yang datang dari konteks ekonomi sekolah. Keyakinan dapat meraih cita-cita yang tinggi secara kultural dapat datang dari interaksi hidup sehari-hari. Oleh karena itu belajar merupakan produk dari interkasi sosial.
Tidak semua sekolah dapat membangun cita-cita siswanya yang tinggi. Banyak sekolah yang belum menyadari sepenuhnya bahwa memiliki harapan dan kepercayaan yang tinggi adalah keniscayaan. Sekolah yang efektif memiliki warga sekolah yang punya harapan dan optimis  dapat mewujudkan prestasi dengan baik. Membangun cita-cita yang tinggi merupakan pondasi bagi terwujudnya sukses di masa depan.
Tanpa adanya kebijakan yang mendorong sekolah menetapkan target mutu yang tinggi, sekolah cenderung akan memilih cara bekerja seadanya. Menetapkan cita-cita yang tinggi mengandung resiko yang tidak ringan. Cita-cita yang tinggi memerlukan daya juang yang  besar dan usaha keras. Menetapkan cita-cita yang tinggi memerlukan komitmen yang kuat dalam kebersamaan semua anggota komunitas.
Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa kreatif merupakan salah satu kunci utama untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hal apa pun. Meninggalkan hal-hal yang konvensional Sudah pasti kita memperoleh sesuatu itu bukanlah perkara yang gampang semudah membalik telapak tangan atau hanya dengan meminta, tapi sekali lagi harus mencoba cara-cara baru meninggalkan hal-hal yang konvensional
Kreatif merupakan proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan-gagasan baru ataupun konsep baru. Dari sudut pandang keilmuan hasil dari creative thinking biasanya dianggap memiliki keaslian  dan kepantasan. Sebagai alternative, konsepsi sehari-hari dari kreatif adalah daya cipta yaitu tindakan emmbuat sesuatu yang baru.
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. Kreatif merupakan sesuatu usaha yang kita lakukan untuk mencapai apa yang kita inginkan dalam hidup ini melalui cara-cara lain dari yang biasanya dilakukan. Sikap kreatif ini harus dibangun sehingga menjadi suatu kebiasaan dan membudaya di lingkungan sekolah.
Sekolah pada dasarnya merefleksikan cara berpikir warga sekolah dalam melakukan pembaharuan. Hasil studi membuktikan bahwa kultur sekolah tidak jatuh dari langit melainkan hasil kreasi dari seluruh warga sekolah dalam membangun kebiasaan baik sehingga melembaga menjadi tradisi.
Sekolah harus Dinamis dan kreatif. Sifat dinamis dan kreatif dalam arti selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman tanpa berhenti untuk berkreasi dalam mencapai tujuan tanpa mengabaikan norma-norma yang ada dalam kehidupan sehari-hari, baik norma agama, norma hukum, norma kesusilaan dan norma kesopanan.
Makna lain dari sikap kreatif adalah berusaha untuk mencari jalan baru atau cara lain untuk mencapai tujuan tertentu dan mendapatkan keingingan pencapaian hasil yang maksimal.  
Prestasi sesungguhnya bisa diraih karena kreativitas kita dalam menemukan ide-ide baru dan memcahkan 1 masalah dengan berbagai cara. Jika dianalisis, maka semua yang meraih prestasi tertinggi, maka dia bertani mengambil langkah-langkah baru. Makanya, jika seseorang ingin berprestasi sebagai bagian dari kebutuhan di dalam kehidupannya, maka yang harus dilakukan adalah tidak statis tetapi harus kreatif dan dinamis untuk menemukan jalan-jalan yang lain dalam meraih prestasi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan menghibur. Silahkan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. Saya akan segera membalas komentar anda.